News

Ratusan Napi Asimilasi Dapat Paket Sembako dari Polisi

profile
04 May 2020
Ratusan Napi Asimilasi Dapat Paket Sembako dari Polisi

Ratusan napi yang bebas karena program asimilasi dari Kemenkumham mendapat bantuan paket sembako. Bantuan tersebut agar mereka tidak keluar rumah dan tak mengulangi perbuatan kriminalnya. 

Sebagaimana diwartakan Pikiran Rakyat (17/4/2020), sebanyak 136 narapidana di Kota Bandung mendapat paket sembako dari Polrestabes Bandung. Bantuan tersebut diharapkan membantu sementara kebutuhan para napi  selama tetap berada di rumah. 

Polisi menyerahkan paket sembako kepada eks narapidana di Bandung. Gambar: detik.com

Kapolrestabes Bandung Ulung Sampurna Jaya mengatakan, sembako tersebut disalurkan langsung ke rumah-rumah narapidana. Sebanyak 6 mobil telah disiapkan untuk menyalurkan paket-paket sembako itu. 

“Jadi para narapidana ini seperti diketahui terdampak dari Covid-19. Maka dari itu, kita berikan bantuan pada rekan-rekan kita yang mendapat asimilasi. Tujuannya sederhana, agar mereka tetap di rumah,” ujar Ulung.

Namun demikian, Ulung mengimbau agar para napi itu tak mengulangi perbuatannya. Jika kembali melakukan tindak pidana, polisi tidak akan sungkan melakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku. 

Ulung menyatakan kepolisian tidak akan segan menembak di tempat bagi para pelaku kejahatan. Apalagi dalam kondisi serba sulit seperti sekarang, tindakan kejahatan menurutnya sama sekali tidak bisa ditolerir.

Narapidana, Asimilasi, Covid-19, Bandung, Jawa Barat